Jumat, 18 November 2011

Seorang Industrial Enggineering Harus dapat Menterjemahkan Permintaan Pasar

Semakin majunya teknologi, tentu permintaan pasar juga semakin meningkat. Misalnya saja produk handphone, sekarang ini handphone biasa tidak lagi menjadi prioritas utama bagi konsumen, dengan kurangnya applikasi pendukung yang kurang mengikuti pekembangan. Maka seorang engineer harus dapat menterjemahkan permintaan pasar saat ini dalam bentuk desain. Kebutuhan pasar tersebut dapat berupa produk baru dan dapat juga pengembangan dari produk yang sudah ada.
Contohnya BlackBerry dan Samsung Android, dua produk handphone tersebut menjadi salah satu kebutuhan pasar. Dimana produk handphone tersebut digunakan oleh kalangan remaja maupun orang dewasa. Produk handphone tersebut mempunyai kelebihan pada aplikasi sosialnya, sehingga memudahkan komunikasi dengan orang yang sudah lama lost contact ataupun mendekatkan yang sebelumnya jauh. Untuk dapat menciptakan produk tersebut, maka engineer harus mempunyai imajinasi, keterampilan, pengetahuan dan lain-lain sebagai pendukung dalam memenuhi permintaan pasar.
Sebuah produk juga mempunyai umur, karena setiap detiknya produk selalu dapat berubah dengan adanya pengembangan dari produk yang sudah ada. Maka tidak sedikit handphone yang saat ini menjadi salah satu kebutuhan konsumen hanya berumur sampai 3 – 4 tahun, setelah itu berubah dengan keluaran baru dengan adanya pengembangan dari produk tersebut. Maka tidak sedikit juga konsumen mengikuti perkembangan produk tersebut, dengan mengganti produk yang lebih baik dengan penambahan aplikasi dari produk sebelumnya.
Apabila dianalisis kembali kepada fungsi handphone itu sendiri adalah sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan. Handphone digunakan untuk mengirim pesan dan menelpon untuk suatu keperluan, tetapi sekarang handphone digunakan untuk mencari data atau informasi melalui jaringan internet padahal alat untuk internet juga sudah ada. Maka tidak sedikit juga orang menggunakan handphone yang hanya memiliki fungsi awalnya tanpa mengikuti trend saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar