Jumat, 18 November 2011

Faktor-faktor yang Menyebabkan Berakhirnya Suatu Usaha

Tidak sedikit pengusaha gulung tikar atau bangkrut akibat usaha yang dijalaninya tidak berhasil. Banyak yang usahanya berakhir akibat dari kurangnya pengontrolan dalam pengeluaran dan pemasukan dari usaha tersebut. Tidak sedikit juga dikarenakan modal terpakai oleh wirausahaan tersebut, yang tanpa disadari menjadi salah satu faktor berakhirnya usaha tersebut. Usaha tanpa pengontrolan yang baik mengakibatkan kelalaian dalam usaha, maka pemasukan dan pengeluaran lepas dari pengontrolan yang menyebabkan kerugian yang tidak terduga. Pada produk juga perlu terjaganya kualitas dari produk tersebut, dan menjaga kepercayaan konsumen untuk memakai atau menggunakan produk tersebut.
Kualitas merupakan unsur yang penting dalam usaha, apalagi di dalam menghadapi persaingan usaha. Hal tersebut menjadikan tantangan bagi perusahaan untuk selalu memberikan kualitas yang baik dari produknya untuk diberikan kepada konsumen. Bila perusahaan tidak dapat memenuhi standard kualitas yang diharapkan konsumen maka konsumen akan berpindah ke perusahaan lain.
Maka kualitas dan standarisasi produk sangat diperlukan untuk dapat dipercayai oleh si pengguna. Kualitas tentunya mempengaruhi harga, semakin tinggi kualitas produk tersebut maka harga produk tersebut juga semakin besar sehingga produk tersebut juga memiliki umur ekonomis yang lama. Selain memperhatikan itu wirausahaan juga harus memperhatikan fungsi dari produk yang dibuatnya sehingga produk tersebut dapat member manfaat bagi pengguna. Tidak sedikit wirausahaan kurang memperhatikan ini, sehingga tidak heran apabila suatu usaha berakhir dengan kurangnya memperhatikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerugian untuk usahanya.

http://digilib.uns.ac.id
http://elearning.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar