Jumat, 18 November 2011

Sebelum Memasarkan Produk Tentu Harus Ada Rencana-rencana Pemasaran

Memasarkan produk yang dibuat haruslah dengan rencana-rencana yang menyangkut kesuksesan pemasaran produk tersebut. Untuk dapat memasarkan produk tersebut tentu harus dapat mengenali pasar, apa yang dibutuhkan konsumen saat ini. Konsumen tentunya menginginkan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang sesuai dengan kualitas tersebut. Maka diperlukan rencana-rencana dalam pemasaran produk tersebut yang berkaitan dengan lingkungan eksternal dan internal. Lingkungan eksternal meliputi perekonomian, kebudayaan, teknologi, permintaan, hukum, bahan mentah dan persaingan. Sedangkan lingkungan internal meliputi sumber daya finansial, pemasok, sasaran dan tujuan, dan manajemen sehingga ada umpan balik (feedback).
Tanpa perencanaan maka tujuan dan sasaran kurang terarah maka dapat menimbulkan ketidakefisienan pada pemasaran produk tersebut. Pemasaran produk harus dengan beberapa pertimbangan salah satunya dalam lingkungan ekternal pada perekonomian, wirausahaan harus mengikuti GNP (pendapatan nasional bruto), pengangguran menurut daerah geografis, pendapatan siap konsumsi dan lain-lain. Sedangkan berdasarkan kebudayaan adalah produk dalam negeri yang menyangkut keselamatan kerja, upah minimum, kesehatan dan nutrisi. Sedangkan berdasarkan teknologi, produk yang dipasarkan mengikuti perkembangan teknologi saat ini sehingga konsumen juga tertarik dengan sesuatu yang baru yang mengikuti permintaan pasar, sedangkan permintaan yang mempertimbangkan dari segi harga dan promosi yang dilakukan untuk memasarkan produk tersebut. Sedangkan berdasarkan hukum, suatu produk yang akan dipasarkan tentunya harus berlandaskan hukum, sehingga produk tersebut telah dapat dipercaya oleh penggunanya. Bahan mentah yang digunakan dalam pembuatan produk juga menjadi pertimbangan, karena ada beberapa bahan mentah yang dianggap langka dan persaingan juga menjadi pertimbangan untuk dapat bersaing maka produk yang dipasarkan harus lebih baik dari produk pesaing dengan beberapa faktor pendukung produk tersebut.
Berdasarkan lingkungan internal yang berupa sumber daya finansial, adanya dukungan sumberdaya finansial dalam memasarkan produk baru. Manajemen juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memasarkan produk, dari segi harga yang berdasarkan kualitas dan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan produk tersebut sampai produk tersebut sampai ketangan konsumen. Sasaran dan tujuan juga menjadi hal terpenting dalam pemasaran karena dalam memasarkan produk tentu harus mempunyai sasaran dan tujuan sehingga produk tersebut sesuai dengan sasaran dan tujuan. Pemasok juga menjadi faktor pertimbangan yang meliputi manajemen pada pemasaran produk tersebut.
Pemasaran produk tidak selalu berhasil, kadangkala pemasaran juga gagal maka diperlukan pertimbangan dan rencana-rencana agar pemasaran produk tersebut lebih terarah. Produk yang dipasarkan harus mempunyai sasaran agar produk tersebut dapat bermanfaat bagi penggunanya. Produk yang dipasarkan setidaknya dapat sesuai dengan perkembangan teknologi, karena semakin berkembangnya teknologi maka permintaan juga mengikuti perkembangan tersebut. Pemasaran diperhitungkan dalam biaya promosi, promosi dapat dilakukan melalui media dengan adanya lindungan hukum sehingga promosi dari produk tersebut mempunyai citra yang baik dan terpercaya. Pemasaran produk juga dapat dilakukan dengan online, melalui jaringan sosial baik Facebook, Twitter, maupun jaringan sosial lainnya. Selain itu juga dapat secara langsung dengan membuka toko sehingga penjual dan pembeli dapat bertemu dan berinteraksi secara langsung di tempat tersebut. Maka melalui pemasaran tersebut mempunyai sasaran dan tujuan yang jelas, guna memperlancar pemsaran produk yang dibuat.
http://elearning.gunadarma.ac.id

3 komentar: