Sabtu, 12 November 2011

MUDIK ADALAH SESUATU HAL YANG DINANTI

Setiap ada perayaan hari besar, mudik sudah menjadi salah satu adat yang dilakukan untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat yang lain. Mudik adalah salah satu tempat dimana bertemunya seluruh keluarga. Mudik dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri maupun Hari Raya Idul Adha (Lebaran Haji). Mudik dilakukan setiap tahunnya, dimana setiap angkutan baik darat maupun lautan dipenuhi dengan penumpang yang ingin melakukan mudik. Saat mudik setiap harga makanan maupun ongkos menjadi naik dari harga biasanya.
Setiap tahunnya satu hal yang dinantikan adalah dapat berkumpul bersama keluarga ataupun saudara yang mungkin tinggal berjauhan. Untuk dapat berkumpul, banyak orang mudik kerumah asalnya. Dimana rumah tersebut adalah tempat untuk memohon maaf kepada orang tua dan menjadi salah satu tempat untuk bersilaturahmi dan berkumpul dengan saudara yang lain. Mudik biasanya dilakukan ke luar daerah, mudik juga menjadi salah satu hal yang selalu rutin dilakukan masyarakat Indonesia.
Mudik dengan membawa oleh-oleh dan bertemu dengan keluarga yang sudah lama tidak bertemu pastilah menjadi sesuatu hal yang indah. Maka dari itu mudik dilakukan oleh setiap orang dengan rasa ingin melepas rindu dengan keluarga baik orang tua maupun saudara dan keluarga sekitar. Kembali ke tempat asal kita untuk bertemu dengan keluarga menjadi hal yang paling bahagia, karena dinantikan oleh masyarakat sekitar sehingga ada rasa haru.
Ketemu dengan orang yang sudah lama tidak bertemu menjadi sesuatu kondisi atau bernostalgia dengan berbagi pengalaman. Suasana yang berbeda dengan tempat perantauan, menjadikan salah satu hal yang membuat ingin selalu mudik ke tempat tersebut. Inilah indahnya mudik, semua menjadi satu dengan rasa bahagiadan saling berbagi satu sama lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar