Jumat, 12 Februari 2010

Mengapa aku harus bangga sebagai bangsa Indonesia?

Sebelum saya menjelaskan tentang Indonesia, marilah kita bersama-sama menyanyikan lagu “Dari sabang sampai Merauke”.
Dari Sabang sampai Merauke
Berjajar pulau-pulau
Sambung menyambung menjadi satu
Itulah Indonesia
Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu
Menjujung tanah airku
Tanah airku Indonesia

Negara Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia karena Indonesia termasuk Negara dengan jumlah penduduk paling banyak di Asia Tenggara. Indonesia juga mendapat sebutan Negara kepulauan. Indonesia memiliki sekitar 17.667 pulau. Pulau-pulau itu didiami oleh ragam suku bangsa, keanekaragaman budaya, dan memiliki berbagai rumah adat.
Kita harus bangga memiliki Negara yang luas. Negara yang memiliki pulau-pulau besar dan kecil. Pulau besar diantaranya Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Diantara pulau tersebut ditumbuhi berbagai macam tumbuhan dan hewan.
Negara Indonesia memiliki sikap toleransi yang baik terhadap perbedaan. Setiap orang memiliki keyakinan yang berbeda-beda. Walau berbeda keyakinan, tetapi hidup berdampingan dengan rukun. Ada yang berkeyakinan memeluk agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, dan Buddha.. dalam kehidupan bermasyarakat, semua umat saling membantu, saling kerja sama, dan saling menghormati.
Indonesia memiliki laut yang luas, bahkan lautan lebih luas daripada daratan. Berbagai jenis ikan dapat dijumpai. Ada ikan yang besar maupun ikan yang kecil. Semua itu merupakan kekayaan alam Indonesia. Selain kekayaan alam yang telah disebutkan diatas, kita juga memiliki kekeyaan alam lainnya, misalnya minyak bumi, gas alam cair, tambang emas, perak, tembaga, dan besi. Semua kekhasan bangsa Indonesia merupakan kebanggaan bangsa kita. Tugas kita terhadap kekhasan bangsa Indonesia adalah merawat dan menjaganya dengan baik.
Negra Indonesia juga mempunyai semboyan, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Itulah kalimat yang dapat kita temukan didalam pita yang dicengkeram burung garuda pada lambang Negara kita. Bhinneka Tunggal Ika diambil dari kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Bhinneka artinya beraneka ragam, Tunggal artinya utuh atau bulat, dan Ika artinya esa atau satu.
Semboyan ini memang cocok bagi bangsa Indonesia. Seperti kita ketahui, Indonesia terdiri beragam suku bangsa, agama, adat istiadat, dan budaya yang berbeda. Meski berbeda bukan menjadi penghalang bagi bangsa Indonesia untuk bersatu. Maka tercipta pepatah, “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”, yaitu artinya Kita menjadi kuat karena perbedaan. Perbedaan yang ada justru bias dijadikan sebagai kekayaan bangsa. Modal untuk memajukan bangsa Indonesia agar bisa sejajar dengan bangsa lain didunia.
Maka kekhasan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia,sehingga membedakannya dengan bangsa lain, yaitu kita akan sedikit mengenal keragaman budaya bangsa Indonesia yang menjadi ciri khas Negara kita.
Oleh karena itu, saya bangga menjadi rakyat Indonesia. Rakyat dari sebuah negara yang kaya raya, menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Kalau boleh dibilang, saya sangat bangga dapat hidup dan tinggal di Indonesia. Walau banyak aral merintangnya, Indonesia masih dapat berdiri teguh ditengah peliknya kehidupan dunia ini.

Sumber: Supardi. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bina Karya Guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar